Taliwang, Gaung NTB
Kepala BK-Diklat Kabupaten Sumbawa Barat, Drs Burhanuddin menyatakan bahwa KSB masih berpeluang untuk membuka seleksi CPNS pada Tahun 2012 mendatang. Ia menyebutkan alasan peluang tersebut di antaranya jumlah PNS di KSB masih kurang, hal ini terlihat dari tingkat belanja pegawai yang hanya 32 persen lebih kecil bila dibandingkan dengan belanja publik yang mencapai 50 persen. “Dengan minimnya angka pencapaian belanja pegawai memungkinkan Tahun Anggaran 2012 Kabupaten Sumbawa Barat masih berpeluang membuka seleksi penerimaan CPNS. Namun penerimaan CPNS ini hanya untuk tenaga tertentu,” katanya.
Untuk menjamin kekurangan atau kelebihan tenaga PNS, ungkap Burhanuddin, seluruh instansi kabupaten/kota maupun propinsi tengah melakukan analisis kebutuhan pegawai sesuai beban kerjanya. “Itu yang sedang kita lakukan sekarang ini dengan turun ke semua SKPD dan sekolah-sekolah, hasil analisis nantinya akan disampaikan ke Menpan RImelalui Tim Birokrasi di Jakarta, paling lambat tanggal 31 Desember 2011,” ujarnya.
Disinggung soal kebutuhan PNS yang akan diusulkan pada seleksi CPNS mendatang, Burhanuddin mengaku belum dapat memastikannya. Namun pengalaman tahun sebelumnya kuota CPNS untuk KSB yang ditetapkan pusat 286 orang. Jumlah ini terbilang minim dan belum dapat menutupi angka kebutuhan Pegawai yang setiap tahunnya terus berkurang mengingat ada pegawai yang memasuki masa pension dan meninggal dunia.

Iklan