Kabupaten Sumbawa ditetapkan berada diposisi pertama Kabupaten dan Kota se NTB dalam memberikan pelayanan publik. Peringkat Kabupaten Sumbawa ini sesuai dengan SK Gubernur NTB Nomor 517 tahun 2011, tentang Penetapan Kabupaten/Kota pemenang Kinerja Pelayanan publik Kabupaten/Kota se Nusa Tenggara Barat.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Sumbawa, Wirawan SSI,MSi dalam jumpa persnya pada hari Rabu (12/10) mengatakan dalam penilaian dewan juri, Sumbawa mendapatkan skor tertinggi yakni 755,22 point. Berada dibawahnya Kabupaten Lombok Timur dengan skor 686,22. sementara Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berada diurutan ketiga dengan skor 456,22 point.

Para juara pertama dan kedua, disamping mendapatkan penghargaan dari Gubernur NTB, juga akan diusulkan kepada Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara untuk mendapatkan penghargaan Citra Bhakti Abdi Negara.

Ada banyak aspek yang dinilai sehingga Kabupaten Sumbawa mendapat peringkat pertama, diantaranya menyangkut kebijakan deregulasi dan debirokratisasi pelayanan publik.

Pada aspek tersebut, Kabupaten Sumbawa dianggap memiliki mekanisme pelayanan yang sederhana kemudian sudah memberikan pelayanan terpadu satu pintu, serta dinilai sudah memiliki standar pelayanan publik dan standar operasional prosedur.

Pemda Sumbawa juga dinilai telah mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelayanan publik. Hal ini tercermin dari beberapa indikator yakni sudah adanya pengaturan mengenai partisipasi masyarakat dalam pelayanan publik yang mengikutsertakan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan.

Kabupaten Sumbawa sudah dianggap mampu manjalankan pemberian penghargaan dan penerapan sanksi kepada unit atau petugas penyelenggara pelayanan publik.

Dan yang paling penting adalah pemerintah Kabupaten Sumbawa dianggap telah banyak menerima penghargaan dari berbagai kalangan dalam aspek pelayanan publik dan dianggap telah mampu menerapkan dan mengembangkan E-Government yang tercermin dalam penerapan sistem informasi dan memiliki homepage atau situs Kabupaten sendiri yaitu www.sumbawakab.go.id.

Prestasi-prestasi seperti ini akan terus dipertahankan sudah tentu atas bantuan dan dukungan dari berbagai pihak swasta, karena tidak mungkin produk pemerintah dalam memberikan pelayanan dapat berjalan baik tanpa dukungan dari berbagai kalangan.

Menindaklanjuti prestasi yang telah diraih tersebut dengan menjadi juara pertama, Pemerintah Kabupaten Sumbawa tengah mempersiapkan diri untuk tingkat nasional, karena tim dari pusat dalam waktu dekat ini akan segera melakukan penilaian. �Kita berharap Kabupaten Sumbawa mendapat juara pertama tingkat nasional,� ujar Wirawan.

Sumber : Gaung.adm

Iklan